Sahabat Intrans Publishing,


Karya Kelompok Intrans Publishing
Setara
Intrans
Madani
Beranda
Empat Dua
Selaksa

Rabu, 02 November 2011

Sejarah Singkat


 Profil kelompok penerbit
Cita Intrans Selaras (Intrans Publishing)

Tahun 2003 adalah tahun istimewa bagi Intrans publishing, karena pada tahun itulah Intrans publishing didirikan. Inspirasi berdirinya dimulai dari hasil “ngobrol” panjang diantara komunitas sesama relawan di Malang Corruption Watch (MCW), karena pada waktu itu banyak hasil riset dan catatan advokasi yang hanya sebatas numpuk dan tidak bisa dibaca oleh orang lain. Hanya sebatas selesai di laporan dan kemudian di jejer di rak perpustakaan MCW.
Karena itu, kemudian muncul ide untuk menyampaikan informasi kepada publik tentang hasil riset, kajian maupun catatan perjalanan advokasi sebagai bagian dari mengimplementasikan visi yaitu merebut perubahan dengan membaca. Maknanya adalah perubahan harus diikuti dengan adanya pengetahuan yang memadai agar proses pergerakan untuk melakukan perubahan mempunyai arah yang jelas, yaitu  terjadinya perubahan sosial masyarakat menuju kesejahteraan sosial yang berkeadilan.
Selain itu, perdebatan panjang akhirnya sampai pada satu titik kesepakatan untuk mendirikan sebuah unit usaha bagi MCW agar dari sisi pendanaan MCW tidak lagi kesulitan dan tidak selalu bergantung kepada lembaga donor dan jaringan NGO yang berada di Jakarta. Dari situlah kemudian dirumuskan bagaimana posisi unit usaha ini bagi MCW. Sangat disadari bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan oleh MCW membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit dan upaya ini adalah untuk membangun “kebebasan dan kemerdekaan MCW” sebagai lembaga masyarakat (Ornop) yang independen, yang harus mampu menjauhkan diri dari segala bentuk intervensi, kooptasi dari pejabat-pejabat publik didaerah baik yang di struktur-struktur negara maupun politisi dan pengusaha yang dianggap tidak pro kepada kepentingan rakyat. Dari situlah kemudian diputuskan dalam rapat pleno MCW untuk mendirikan unit usaha dengan nama intrans Publishing.
Selang tiga tahun kemudian, tepatnya pada Agustus tahun 2008, melalui sebuah rapat tim yang bentuk telah diambil kata sepakat oleh para pendiri bahwa untuk semakin mendorong Intrans Publishing agar lebih baik dalam mengembangkan usahanya, maka didirikanlah sebuah kelompok usaha dengan nama Cita Intrans Selaras (CIS) dengan badan hukum CV. Meskipun dalam badan hukum telah menggunakan nama CV. CIS namun nama dagang tetap kami pertahankan yaitu Intrans Publishing. Hal ini dilakukan adalah tak lain untuk tetap menjaga komunikasi dengan masyarakat bahwa  buku-buku yang dihasilkan oleh kelompok usaha ini tetap mengusung tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan mendorong wacana-wacana perubahan kehadapan publik.
Intrans Publishing sebagai penerbit yang selalu ingin menggairahkan wacana-wacana perubahan dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia maka kami ingin mengajak masyarakat (pembaca) untuk secara bersama-sama melakukannya. Hal ini kami lakukan tidak ada maksud lain yaitu kami telah berkomitmen menjalankan moto kami yaitu “Rebut Perubahan dengan Membaca” dengan sungguh-sungguh, sebagai bentuk pengabdian kami kepada negeri ini.
Seperti telah disampaikan diawal, intrans publishing pada awalnya hanya mampu menerbitkan buku-buku yang bertema politik dan hukum, namun dalam perkembangan selanjutnya, Intrans Publishing saat ini telah melakukan sebuah proses ikhtiar dengan melebarkan isu atau tema yang diusung agar bisa memenuhi permintaan masyarakat maka kini telah masuk pada tema-tema yang lain melalui beberapa lini penerbitannya. Adapun tema yang dimaksud adalah tentang sosial , pendidikan, sastra, ekonomi, ekonomi politik, seri antikorupsi, isu pangan, kelautan, pertanian, isu gerakan sosial, pemberdayaan masyarakat, seri gerakan advokasi rakyat, isu pertanahan maupun tentang motivasi dan gaya hidup. Kesemua isu tersebut dapat berupa buku non fiksi maupun fiksi.  Itulah sekilas tentang Intrans Publishing. Dan melalui serangkaian upaya ini kami berharap dan berkomitmen bahwa melalui buku kami ingin untuk selalu belajar bersama dan berbagi demi harkat dan martabat manusia.

Produk
Intrans Publishing selama ini memproduksi buku-buku yang selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan disesuaikan dengan kebutuhan bahan bacaan yang baik dan berkualitas. Dalam rangka mengikuti perkembangan tersebut kami selalu melakukan inovasi, kreatifitas tanpa menanggalkan idealism untuk menghadirkan buku-buku yang layak baca. Hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan produksi buku-buku bacaan untuk masyarakat umum dan perguruan tinggi kami menerbitkan melalui lini-lini penerbitan kami yaitu;

·   Setarapress
Lini pernebitan ini fokus pada tema tentang politik dan hukum
·   Madani
Fokus pada tema yang mengusung tentang humaniora
·   Empatdua
Salah satu lini penerbitan dari Intrans Publishing adalah empatdua yang concern pada tema-tema tentang ekonomi
·   Selaksa
Tema yang berkaitan dengan gaya hidup, motivasi hidup banyak dipublikasikan oleh lini selaksa
·   Beranda
Beranda sebagai salah satu lini penerbitan dari Intrans Publishing memfokuskan pada tema-tema tentang sastra dan budaya.
·   Intimedia
Intimedia menerbitkan buku-buku bacaan yang sifatnya umum

Manajemen
Saat ini manajemen Intrans Publishing dikelola oleh tim manajemen yang solid dan mempeunyai dedikasi secara bersama-sama untuk turut serta mengembangkan ilmu pengetahuan bagi seluruh anak b`ngsa, negeri Indonesia.

Area Distribusi
Area penjualan buku terbitan Intrans Publishing adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Sumedang, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, Malang, Surabaya, Pasuruan, Jember, Bali, Lombok, Sulawesi, Papua, Banjarmasin, Kalimantan Tengah dan Madura.

Alur Kerja Redaksi
Intrans Publishing pada dasarnya menerima naskah dari siapapun baik yang berlatar akademis, catatan perjalanan dan catatan atau rekaman advokasi-pendampingan masyarakat ataupun kumpulan tulisan dengan tetap memperhatikan kelayakannya baik tentang isu atau isi yang dibahas, yang ingin disampaikan kepada khalayak umum. Adapun alur redaksi yang dimiliki oleh Intrans Publishing adalah sebagai berikut;

Akta Pendirian
Nama Perusahaan : Cita Intrans Selaras (CV)
Brand                   : Intrans Publishing
Tanggal Berdiri     : 16 JUNI 2008
Akte Notaris        : Suprapto Subowo, SH.
NPWP                 : 02-104-755-0-541-000
SIUP                   : 517/442/35.73.407/2011
HO                      : 530.08/1471/35.73.407/2011


Alamat kantor
Wisma Kalimetro
Jl. Joyosuko Metro No. 42 A Merjosari
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Telp. 0341-573650, 7079957 Fax. 0341-573650
Email : redaksi.intrans@gmail.com
           Intrans_malang@yahoo.com
http: intranspublishing.blogspot.com

Related Post